PROFIL

Pondok Pesantren Nurul Hasanah; Pondok Pesantren Salafi dengan Sentuhan Modern

“Datang Membawa Amanat Pulang Karena Umat”

 Pondok Pesantren Nurul Hasanah merupakan lembaga pendidikan agama Islam yang didirikan oleh K.H. Oban Hidayat pada tahun 1982. Beliau adalah lulusan Pondok Pesantren Cipasung yang pada waktu itu di-asuh oleh ulama Besar al-Maghfurlah K.H. Ruhiat.
Pondok Pesantren Nurul Hasanah dalam eksistensinya menyebarkan Syari’at Islam dengan tujuan Li i’lâi Kalimatilâh ‘Izzul Islam wa al-Muslimîn, senantiasa meningkatkan mutu layanan pendidikan dalam rangka membentuk pribadi santri yang berilmu dan berakhlak mulia dan siap memegang amanat umat di masa yang akan datang.
Realisasi dari tujuan tersebut, Pondok Pesantren Nurul Hasanah senantiasa memposisikan diri sebagai agen perubahan dalam menentukan arah kebijakan pendidikannya, tanpa menghilangkan identitas salaf dengan ber-pijak pada kaidah “al-muhâfazhatu alâ al-qadîmi al-shâlih wa al-akhdzu bi al-jadîdi al-ashlah” (memelihara nilai-nilai lama yang baik, dan me-ngambil nilai-nilai baru yang lebih baik.”

Orientasi keseimbangan duniawy dan ukhrawi merupakan orientasi tujuan pendidikan pesantren. Hal ini merupakan jawaban dari keberadaan pondok pesantren Nurull Hasanah yang berdekatan dengan lingkungan pendidikan formal (MI, Mts., SLTPI, MAN, SMAI, SMKI, IAIC, STTC & STIE) yang berada di lingkungan Yayasan Pondok Pesantren Cipasung.

Q   Tujuan Pendidikan
Pendidikan di Pondok Pesantren Nurul Hasanah mempunyai tujuan sebagai berikut:
1.   Menyiapkan generasi muda yang Islami dan berakhlakul Karimah.
2.  Meningkatkan pengetahuan santri tentang ajaran agama Islam melalui tafsir al-Quran dan Hadits, pengkajian kitab-kitab kuning (klasik), dan lain-lain.
3. Meningkatkan kemampuan santri sebagai anggota masyarakat dalam mengembangkan da’watu al-Islâmiyyah melalui Tamrînatu al-Muballighîn.

Q     Sarana dan Prasarana Pondok Pesantren Nurul Hasanah
Pondok Pesantren Nurul Hasanah yang berdiri sejak tahun1982 senantiasa berbenah diri dan mengupayakan berbagai penambahan sarana dan prasarana untuk meningkatkan kualitas pelayanan pendidikan terhadap para santri. Gambaran umum tentang sarana dan prasarana pondok pesantren Nurul Hasanah, sebagai berikut:
1.  1 (satu) ruang kantor dengan dua unit komputer dan sarana kantor lainnya;
2.  2 (dua) asrama puteri dengan kapasitas 13 kamar
3.  Mesjid
4.  3 (tiga) asrama putera dengan kapasitas 21 kamar.
5.  5 (lima) ruang belajar (madrasah)
6.  1 (satu) aula
7. TKA/TPA
8.  Perlengkapan panggung dan tenda
9.  Sound system

Q      Sistem &  Kurikulum Pendidikan Pondok Pesantren Nurul Hasanah
Adapun materi pendidikan yang terdapat dalam kurikulum pendidikan pondok pesantren Nurul Hasanah tidak jauh berbeda-beda dengan pesantren Salaf lainnya, hanya saja mendapatkan sentuhan kekinian sehingga menjadi variatif dan kompetitif. Materi-materi pelajaran dimaksud adalah:
1.        Al-Quran dan Tajwid; kitab kajian: IQRA, Tuhfatu al-Atfal, Hidayatul al-Mustafizh, Jazariyah, dan Minu al-Fikriyyah.
2.        Fiqh; kitab kajian: Fiqhu al-Wadlih, Safinatu al-Naja, Riyadlu al-Badi’ah, Busyro al-Karim, I’anatu al-Thalibun, Fathu al-Wahab, Mawa-hibu al-Shamad.
3.        Tauhid; kitab kajian: Durusu al-Aqaid, Tijan al-Durary, Fathu al-Majid, Jauharu al-Tauhid, Kifa-yatu al-’Awam, Ummi al-Barohin.
4.        Ushul Fiqh; Mabadi al-Awwaliyah, Waraqat, al-Lumma’ dan Jam’u al-Jawami’.
5.     Hadits; Shahih al-Bukhary, Shahih Muslim, Riyadlu al-Shalihin, Mukh-tar al-Ahadits, Adz-kar an-Nawawiyah, dan Bulughu al-Maram
6.        Tafsir; kitab kajian: Tafsir al-Jalalain, Tafsir Yasin, Tanwiru al-Miqbas
7.        Tasawuf; kitab kajian: Maroqi al-’Ubudiyah, Irsyadu al-’Ibad, Nasha-’ihu ali’Ibad, Minhaju al-’Abidin
8.        Nahwu Sharaf; kitab kajian: al-Ajurumiyah, Imrithy, Alfiyah, Matan Bina, Tasrif al-’Uzza al-Kailany, Fathu Khobir al-Lathif.
9.        Bahasa Arab; Insya, Muhadatsah
Materi-materi pelajaran di atas disesuaikan dengan tingkatan kelas yang diseleng-garakan, yaitu Tingkat Dasar (TD), santri persiapan (SP), kelas I, II, III dan IV.
Di samping itu, ada materi kitab kajian yang dikhususkan untuk para alumni setiap satu bulan satu kali, dengan kitab kajian Minhaju al-’Abidin, Mawahibu al-Shamad dan Bidayatul Muj-tahid.
Untuk mengukur kemampuan santri dalam materi pelajaran yang diberikan, dilaksanakan ulangan semester dan ulangan berkala yang dilaksanakan oleh setiap guru. Selain ujian semester, ada juga ujian saringan penempatan kelas bagi santri baru, juga ujian akhir bagi santri kelas 3 yang akan keluar dari pondok pesantren.
Kegiatan pendidikan lain yang diselenggarakan di Pondok Pesantren Nurul Hasanah adalah kegiatan ekstrakurikuler yang dimaksudkan untuk menggali potensi santri dalam berbagai segi. Kegiatan tersebut adalah Pembinaan Kader Muballigh, Leadership (kepemimpinan), praktek penyelenggaraan jenazah, Manasik haji, seni Islami (Qasidah, Nasyid, Shalawat), Kaligrafi, Nadwah Lughah (bahasa Arab dan Inggris) dan olah raga.

 Grouf Hadrah Ponpes Nurul Hasanah
Untuk meningkatkan motivasi santri dalam kegiatan pendidikan dan pembelajaran serta menanamkan daya saing yang tinggi bagi para santri, sebagai aplikasi dari ajaran Islam; “Fastabiqu al-Khairat” (berlomba-lomba dalam kebaikan), pondok pesantren senantiasa mengadakan kegiatan lomba pendidikan dan keterampilan, yang biasanya dilaksanakan bertepatan dengan hari-hari besar Islam, seperti Maulid Nabi, Isra Mi’raj dan nuzul al-Quran. Kegiatan ini efektif dilakukan dalam rangka menggali potensi santri sehingga lebih ketara bakat-bakat yang dimiliki oleh mereka. Maka dari kegiatan ini telah lahir juara-juara pidato, tilawah al-Quran, seniman-seniman Islami dan juara-juara lainnya.
Juara Kontestan MSQ Ponpes Nurul Hasanah
pada acara Peringatan Maulid Nabi SAM
Inilah gambaran umum pondok pesantren Nurul Hasanah, dan untuk mengupdate informasi lebih dalam tentang pondok pesantren Nurul Hasanah, dapat ditanyakan langsung melalui:
1.  Telephone (0265) 546551
4. Groupfacebook.NHS ISLAM STUDYING CENTER & nurul hasanah anu balarea

Tidak ada komentar:

Posting Komentar