“Datang
Membawa Amanat Pulang Karena Umat”
Pondok
Pesantren Nurul Hasanah merupakan lembaga pendidikan agama Islam yang didirikan
oleh K.H. Oban Hidayat pada tahun 1982. Beliau adalah lulusan Pondok
Pesantren Cipasung yang pada waktu itu di-asuh oleh ulama Besar al-Maghfurlah
K.H. Ruhiat.
Pondok
Pesantren Nurul Hasanah dalam eksistensinya menyebarkan Syari’at Islam dengan
tujuan Li i’lâi Kalimatilâh ‘Izzul Islam wa al-Muslimîn, senantiasa
meningkatkan mutu layanan pendidikan dalam rangka membentuk pribadi santri yang
berilmu dan berakhlak mulia dan siap memegang amanat umat di masa yang akan
datang.
Realisasi
dari tujuan tersebut, Pondok Pesantren Nurul Hasanah senantiasa memposisikan
diri sebagai agen perubahan dalam menentukan arah kebijakan pendidikannya,
tanpa menghilangkan identitas salaf dengan ber-pijak pada kaidah “al-muhâfazhatu
alâ al-qadîmi al-shâlih wa al-akhdzu bi al-jadîdi al-ashlah” (memelihara
nilai-nilai lama yang baik, dan me-ngambil nilai-nilai baru yang lebih baik.”
Orientasi
keseimbangan duniawy dan ukhrawi merupakan orientasi tujuan pendidikan
pesantren. Hal ini merupakan jawaban dari keberadaan pondok pesantren Nurull
Hasanah yang berdekatan dengan lingkungan pendidikan formal (MI, Mts., SLTPI,
MAN, SMAI, SMKI, IAIC, STTC & STIE) yang berada di lingkungan Yayasan
Pondok Pesantren Cipasung.
Q
Tujuan
Pendidikan
Pendidikan
di Pondok Pesantren Nurul Hasanah mempunyai tujuan sebagai berikut:
1. Menyiapkan generasi muda
yang Islami dan berakhlakul Karimah.
2. Meningkatkan pengetahuan santri tentang ajaran agama Islam
melalui tafsir al-Quran dan Hadits, pengkajian kitab-kitab kuning (klasik), dan
lain-lain.
3. Meningkatkan
kemampuan santri sebagai anggota masyarakat dalam mengembangkan da’watu
al-Islâmiyyah melalui Tamrînatu al-Muballighîn.
Q
Sarana
dan Prasarana Pondok Pesantren Nurul Hasanah
Pondok
Pesantren Nurul Hasanah yang berdiri sejak tahun1982 senantiasa berbenah diri
dan mengupayakan berbagai penambahan sarana dan prasarana untuk meningkatkan
kualitas pelayanan pendidikan terhadap para santri. Gambaran umum tentang
sarana dan prasarana pondok pesantren Nurul Hasanah, sebagai berikut:
1.
1 (satu) ruang
kantor dengan dua unit komputer dan sarana kantor lainnya;
2.
2 (dua) asrama
puteri dengan kapasitas 13 kamar
3.
Mesjid
4.
3 (tiga)
asrama putera dengan kapasitas 21 kamar.
5.
5 (lima) ruang belajar
(madrasah)
6. 1 (satu) aula
7. TKA/TPA
8.
Perlengkapan
panggung dan tenda
9.
Sound system
Q Sistem & Kurikulum Pendidikan Pondok Pesantren Nurul
Hasanah
Adapun
materi pendidikan yang terdapat dalam kurikulum pendidikan pondok pesantren
Nurul Hasanah tidak jauh berbeda-beda dengan pesantren Salaf lainnya, hanya
saja mendapatkan sentuhan kekinian sehingga menjadi variatif dan kompetitif.
Materi-materi pelajaran dimaksud adalah:
1.
Al-Quran dan
Tajwid; kitab kajian: IQRA, Tuhfatu al-Atfal, Hidayatul al-Mustafizh,
Jazariyah, dan Minu al-Fikriyyah.
2.
Fiqh; kitab
kajian: Fiqhu al-Wadlih, Safinatu al-Naja, Riyadlu al-Badi’ah, Busyro al-Karim,
I’anatu al-Thalibun, Fathu al-Wahab, Mawa-hibu al-Shamad.
3.
Tauhid; kitab
kajian: Durusu al-Aqaid, Tijan al-Durary, Fathu al-Majid, Jauharu al-Tauhid,
Kifa-yatu al-’Awam, Ummi al-Barohin.
4.
Ushul Fiqh;
Mabadi al-Awwaliyah, Waraqat, al-Lumma’ dan Jam’u al-Jawami’.
5. Hadits; Shahih al-Bukhary,
Shahih Muslim, Riyadlu al-Shalihin, Mukh-tar al-Ahadits, Adz-kar an-Nawawiyah,
dan Bulughu al-Maram
6.
Tafsir; kitab
kajian: Tafsir al-Jalalain, Tafsir Yasin, Tanwiru al-Miqbas
7.
Tasawuf; kitab
kajian: Maroqi al-’Ubudiyah, Irsyadu al-’Ibad, Nasha-’ihu ali’Ibad, Minhaju
al-’Abidin
8.
Nahwu Sharaf;
kitab kajian: al-Ajurumiyah, Imrithy, Alfiyah, Matan Bina, Tasrif al-’Uzza
al-Kailany, Fathu Khobir al-Lathif.
9.
Bahasa Arab;
Insya, Muhadatsah
Materi-materi
pelajaran di atas disesuaikan dengan tingkatan kelas yang diseleng-garakan,
yaitu Tingkat Dasar (TD), santri persiapan (SP), kelas I, II, III dan IV.
Di
samping itu, ada materi kitab kajian yang dikhususkan untuk para alumni setiap
satu bulan satu kali, dengan kitab kajian Minhaju al-’Abidin, Mawahibu
al-Shamad dan Bidayatul Muj-tahid.
Untuk
mengukur kemampuan santri dalam materi pelajaran yang diberikan, dilaksanakan
ulangan semester dan ulangan berkala yang dilaksanakan oleh setiap guru. Selain
ujian semester, ada juga ujian saringan penempatan kelas bagi santri baru, juga
ujian akhir bagi santri kelas 3 yang akan keluar dari pondok pesantren.
Kegiatan
pendidikan lain yang diselenggarakan di Pondok Pesantren Nurul Hasanah adalah
kegiatan ekstrakurikuler yang dimaksudkan untuk menggali potensi santri dalam
berbagai segi. Kegiatan tersebut adalah Pembinaan Kader Muballigh, Leadership
(kepemimpinan), praktek penyelenggaraan jenazah, Manasik haji, seni Islami
(Qasidah, Nasyid, Shalawat), Kaligrafi, Nadwah Lughah (bahasa Arab dan Inggris)
dan olah raga.
Grouf
Hadrah Ponpes Nurul Hasanah
Untuk
meningkatkan motivasi santri dalam kegiatan pendidikan dan pembelajaran serta
menanamkan daya saing yang tinggi bagi para santri, sebagai aplikasi dari
ajaran Islam; “Fastabiqu al-Khairat” (berlomba-lomba dalam kebaikan),
pondok pesantren senantiasa mengadakan kegiatan lomba pendidikan dan
keterampilan, yang biasanya dilaksanakan bertepatan dengan hari-hari besar
Islam, seperti Maulid Nabi, Isra Mi’raj dan nuzul al-Quran. Kegiatan ini
efektif dilakukan dalam rangka menggali potensi santri sehingga lebih ketara
bakat-bakat yang dimiliki oleh mereka. Maka dari kegiatan ini telah lahir
juara-juara pidato, tilawah al-Quran, seniman-seniman Islami dan juara-juara
lainnya.
Juara
Kontestan MSQ Ponpes Nurul Hasanah
pada
acara Peringatan Maulid Nabi SAM
Inilah
gambaran umum pondok pesantren Nurul Hasanah, dan untuk mengupdate informasi
lebih dalam tentang pondok pesantren Nurul Hasanah, dapat ditanyakan langsung
melalui:
1. Telephone (0265) 546551
2. email nurul.hasanah3@gmail.com
4. Groupfacebook.NHS ISLAM
STUDYING CENTER & nurul hasanah anu balarea
Tidak ada komentar:
Posting Komentar